Senin, 02 Juni 2014

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Menderita penyakit asam urat tentu tidak menyenangkan, namun Anda bisa berusaha untuk memperbaiki kualitas kesehatan Anda dengan menjalani gaya hidup sehat, salah satunya dengan menu makanan sehat. Menjaga pola makan adalah salah satu kunci dalam manajemen penyakit asam urat,  dan makanan dengan kadar purin yang tinggi sebaiknya dihindari oleh pasien asam urat. Berikut akan dijabarkan daftar makanan yang sebaiknya dihindari menurut yahoo.com:
Daging Merah
Daging merah seperti daging sapi, kambing, babi, termasuk makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Bagi penderita asam urat sebaiknya menghindari atau membatasi asupan makanan yang kadar purinnya tinggi.

Ikan Sarden dan Mackerel
Walaupun tinggi protein, ikan umumnya juga memiliki kadar purin yang tinggi. Ikan sarden, mackerel, tuna termasuk jenis ikan yang sebaiknya dihindari.

Udang
Selain jenis ikan, pada umumnya makanan laut termasuk golongan makanan dengan kadar purin tinggi. Selain itu, perlu diingat juga bahwa udang merupakan sumber makanan tinggi kolesterol, jadi sebaiknya konsumsi dibatasi demi kesehatan kita.
Baca juga : Obat Kanker Herbal Payudara Alami K Muricata

Sayur Bayam
Banyak orang berpikir bahwa sayuran adalah sumber mineral yang baik untuk kesehatan. Ya, memang benar. Tapi bagi penderita asam urat, harus berhati-hati, karena sayuran seperti asparagus, bayam memiliki kadar purin yang cukup tinggi. Dan, yang penting adalah mengontrol jumlah asupan makanan yang mengandung purin agar tidak berlebih.

Tahu Tempe
Tahu dan tempe dikenal sebagai makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain murah, tahu dan tempe juga merupakan sumber protein. Tapi, tahu tempe berbahan dasar kedelai yang merupakan sumber makanan yang tinggi purin.

Selain mengatur diet makanan, yang juga tak kalah pentingnya adalah melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah secara berkala. Umumnya dengan kombinasi diet yang tepat dan obat resep dari dokter, kadar asam urat dalam darah akan terkontrol dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Salam sehat selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar